Jumat, 18 Maret 2011

Dampak Meledak Reaktor Nuklir Jepang Terhadap Manusia

Dampak Meledak Reaktor Nuklir Jepang Terhadap Manusia - Kabar Terbaru dari Tokyo: Reaktor nuklir pembangkit listrik nomor satu di Fukushima, Jepang, Sabtu (12/3), meledak. Sebelumnya telah di ulas Kabar Terbaru Gempa Jepang. Ada perkiraan Reaktor Nuklir tersebut dapat mengancam kehidupan manusia di bumi, dikarenakan sumber asapnya yang mengandung bahan kimia mematikan. Reaktor itu mengalami kerusakan sistem pendingin. Otoritas Jepang memperingatkan kerusakan unit pembangkit nomor satu itu kemungkinan tidak bisa diperbaiki. Reaktor ini mengalami kerusakan setelah diguncang gempa kemarin.
Pemerintah Jepang telah memperingatkan akan adanya radiasi kecil yang ditimbulkan dari unit reaktor nuklir Fukushima. Untuk menghindari korban, sekitar 3.000 warga yang berada di sekitar fasilitas pembangkit tenaga nuklir Fukushima dievakuasi ke tempat yang jauh dari radius radiasi. Mereka ditempatkan di lokasi yang aman.

Saat ini tekanan pada unit reaktor amat tinggi. Karena itu, radiasi nuklir kemungkinan akan dilepas keluar. Kantor berita Kyodo menyatakan, akibat prosedur pelepasan udara untuk mengurangi tekanan ada kemungkinan material radioaktif juga ikut terlepas ke udara meski dalam jumlah terbatas.

Perdana Menteri Jepang Naoto Kan dijadwalkan meninjau fasilitas nuklir yang rusak. Naoto Kan juga akan memantau sejumlah kerusakan yang terjadi akibat gempa dan tsunami. Sejauh ini jumlah korban tewas masih simpang siur. Diperkirakan, korban tewas lebih seribu orang. (DOR) Sumber Metro TV News.com
Kabar terbaru dampak-dampak jangka pendek dengan meledaknya reaktor nuklir Jepang belum dirasakan warga setempat, dan bisa berakibat jangka panjang untuk kehidupan manusia di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar