1. Konten bernilai
Konten Anda harus memberikan nilai bagi pengunjung blog Anda. Nilai ini bisa berupa cara-cara melakukan sesuatu (tutorial), informasi terbaru dari topik blog Anda, hasil eksperimen Anda, dan sebagainya. Intinya, apapun topik blognya, Anda harus memastikan bahwa pembaca mendapatkan sesuatu dari blog Anda.
2. Konten unikBagaimana membuat konten bernilai? Banyak blogger yang mengambil jalan pintas dengan mengkopi tulisan dari blog lain, portal berita, maupun situs sosial.
Tulisan seperti itu memang bernilai, namun tidak unik karena sudah ada di tempat lain. Bila pengunjung mengetahui bahwa tulisan Anda hasil mengkopi dari beragam tempat, cepat atau lambat mereka akan meninggalkan blog Anda karena mereka lebih senang mengunjungi sumber asli tulisan Anda.
3. KonsistensiPembaca perlu tahu kapan tulisan terbaru Anda muncul di blog Anda. Berapun frekuensi tulisan Anda (misal seminggu 3 kali), lakukan secara konsisten. Selain itu, konsisten juga dengan topik blog Anda (tidak melenceng dari topik awal blog).
4. Ketekunan Banyak blogger yang di awal-awal ngeblog tekun membuat tulisan. Setahun kemudian, mereka mulai malas dan bahkan akhirnya rehat sementara (hiatus) dengan beragam alasan. Cepat atau lambat, blog seperti itu akan ditinggalkan pembacanya. Alasannya sederhana saja: jika Anda tidak tekun membuat tulisan, maka mereka pun punya alasan untuk tidak tekun mengunjungi blog Anda.
5. KomunitasAspek sosial sangat penting dalam dunia online. Oleh karena itu, Anda harus membangun komunitas di sekitar blog Anda sehingga pembaca merasa bagian dari blog Anda. Cara membangunnya bisa dengan membalas komentar, membalas email, memberikan backlink, mengadakan kuis/kontes, chatting, membuat poling, wawancara, atau berkunjung balik.
6. Menjadi blogger tamuMenjadi blogger tamu di beberapa blog merupakan sarana promosi yang bagus dan gratis. Selain mendapat backlink berkualitas, Anda akan dikenal juga oleh pembaca blog lain (yang mungkin saja bukan pembaca blog Anda).
Faktor tampilan dan kegunaan blog
7. Desain blog yang bersihBuatlah navigasi yang bisa dengan mudah dikenali dan digunakan pengunjung. Hilangkan hal-hal yang setidaknya tidak perlu dan menambah sesak tampilan blog (misalnya iklan yang terlalu banyak).
8. Merek (Brand)Untuk memahami konsep ini, apa yang ada dalam pikiran Anda ketika terbersit kata McDonald. Saya yakin Anda berpikir mengenai sebuah restoran cepat saji dengan slogan melayani dalam 1 menit, logo dan maskot yang unik, tempatnya bersih, dan pelayannya yang ramah-ramah.
Dari ilustrasi di atas, blog Anda pun harus memiliki merek yang kuat agar diingat khalayak online. Buatlah logo yang unik, tagline yang solid, favicon yang khas, desain blog yang tidak biasa, dan sebagainya.
9. Postingan TerpopulerPostingan ini membantu pengunjung baru menemukan postingan terbaik di blog Anda. Selain itu, postingan ini juga merupakan salah satu cara menarik pengunjung loyal.
10. Halaman Perihal (About)Memiliki sesi About merupakan langkah yang baik. Mengapa? Hal ini karena pembaca ingin mengetahui siapa di balik pemilik atau penulis blog yang dibacanya. Dengan mengetahuinya, besar peluang mereka akan akrab dengan pemilik blog.
11. Halaman kontakAdakalanya pembaca ingin bertanya mengenai hal-hal yang bersifat pribadi. Halaman kontaklah yang membantu mereka. Jadi, tidak ada alasan Anda tidak membuat halaman tersebut. Jika Anda pengguna wordpress.org, silakan simak cara membuat halaman kontak.
12. Arsip yang Informatif
Bayangkan banyak pengunjung baru ke blog Anda. Mereka ingin mengetahui tulisan-tulisan Anda 6 bulan lalu. Namun, mereka frustasi karena tidak menemukannya. Oleh karena itu, buatlah arsip yang informatif sehingga pengunjung bisa menemukan tulisan-tulisan lama Anda.
13. Loading blog yang relatif cepat
Memiliki loading blog yang cepat sangat menguntungkan karena pengunjung tidak perlu lama menunggu untuk mengakses blog Anda. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan plugin, javasscript, dan iframe.
Demikian Tips Penyebab Blog Anda Populer dan Sukses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar